Penulis fiksi dan non fiksi. Menggoreskan karya dalam tulisan, agar dibaca banyak orang dan bermanfaat.

Followers

Technology

Catatan

Tuesday 18 June 2013

JANGAN MALU UNTUK PROMO

No comments :


JANGAN MALU UNTUK PROMO
By: Zahara Putri

Apa sih yang akan kamu lakukan ketika kamu punya buku? Apakah hanya menumpuk di lemari saja? Hanya dirimu sendiri yang tahu akan karyamu? Tidak inginkah banyak orang yang lebih mengenal karyamu? Jadi, caranya gimana dong?!

Satu hal yang harus kita hindari ketika sedang mempromosikan buku. Malu! Jangan pernah malu untuk mempromosikan buku sendiri. Memang apa yang harus dipermalukan? Bukankah harusnya bangga karena itu adalah bukumu? Bangga dengan dengan karya sendiri sehingga mampu diketahui orang lain, apalagi pembaca menyukainya. Ada nilai plus tersendiri. Jadi mulailah gencar mempromosikan buku kamu.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bukumu, baik secara online dan langsung. Berikut ini tipsnya:

1.      Mulailah perbanyak teman, banyak teman akan menjadi lebih baik untuk mempromosikan buku. Dari teman ke teman dan ke teman. Banyak kan? Dan tentu menyenangkan. Teman bisa di dunia maya dan nyata. Jika di fb sering add teman, perbanyak teman terutama yang suka membaca. Karena orang yang suka membaca biasanya tertarik dengan buku-buku terbaru yang dianggapnya meanrik.
2.      Punya akun twitter. Twitter juga sarana yang baik untuk mempromosikan buku kamu.
3.      Buat catatan, tag teman-teman kamu dan promosikan buku kamu.
4.      Rekomendasikan bahwa buku kamu adalah buku yang menarik. Jangan pernah malu jika memang kenyataannnya bagus.
5.      Saat ngobrol santai dengan teman-temanmu, disela-sela itu jangan lupa mempromosikan buku kamu.
6.      Ada baiknya kamu bawa contoh buku kamu untuk membuat teman-teman lebih tertarik, dan yang pasti jadi sungkan untuk menolak. *haha. Agak licik tapi cerdas
7.      Kalau kamu hobi sms dan punya gratisan sms, manfaatkanlah gratisan sms itu untuk promo bukumu lewat sms. Kirim ke banyak nomer.
8.      Ketika mempromosikan kamu harus penuh semangat dan jangan loyo. Kadang hal itu berpengaruh terhadap minat seseorang.
9.      Tidak ada salahnya kamu menyumbangkan bukumu ke rumah baca, satu dua buku kita berkorban. Tapi selanjutnya akan banyak yang tahu buku kita. Rumah baca biasanya, dikunjungi banyak orang terutama para pembaca buku.
10.  Sesekali bolehlah menjadikan bukumu hadiah dalam sebuah lomba. Wow keren bukan? Kamu sebagai panitianya dan hadiahnya adalah bukumu sendiri. Menarik! Bukumu akan dikenal peserta dan tentu banyak orang.

Okey, mungkin hanya itu tips dari saya untuk mempromosikan buku. Sebenarnya banyak cara, tergantung dari kita berani atau tidak mempromosikannnya. Ingat, jangan pernah malu jika kamu ingin dikenal. Jangan malu untuk promosikan bukumu!

Malang, 16 Maret 2012
04.15 wib

No comments :

Post a Comment

Efektif Membersihkan Wajah Dengan Dewpre Carrot Cica Water Calming Pad

Siapa di sini yang suka bepergian dengan dandanan cakep, pakai make up lengkap dan menggunakannya seharian? Namun, ketika pulang, males untu...