Penulis fiksi dan non fiksi. Menggoreskan karya dalam tulisan, agar dibaca banyak orang dan bermanfaat.

Followers

Technology

Catatan

Tuesday 18 June 2013

LOMBA KEPENULISAN BERTEMAKAN “BBM”

No comments :


LOMBA KEPENULISAN BERTEMAKAN “BBM”
By: Zahara Putri

Malang, Pada tanggal 6 April 2012 di Malang tepatnya di daerah Skodam Brawijaya Malang mengadakan acara Book Fair, salah satu kegiatan yang menarik di sana adalah sebuah lomba menulis yang diadakan oleh FLP Malang. Lomba itu merupakan ajang kreatifitas dalam kepenulisan.
Lomba itu diadakan tepatnya di belakang panggung, dengan hanya beralas karpet tanpa adanya meja dan prlengkapan yang lengkap. Setiap peserta hanya diberi selembar kertas, sedangkan perlengkapan lainnya membawa sendiri seperti bulpoin dan alas kertas. Bahkan untuk tipe-x juga tidak ada,
Acara dimulai pada pukul 13.30 – 14.30 wib. Dalam waktu satu jam peserta diberi waktu untuk menyelesaikan karya tulis mereka dengan tema “BBM”. Keadaan lomba berjalan cukup lancar walau ada sedikit halangan yaitu hujan yang mulai mengguyur, namun mampu teratasi.
Jumlah peserta yang mengikuti perlombaan sekitar puluhan peserta, mulai dari remaja hingga ibu-ibu yang sudah berkeluarga. Ada juga seorang ibu mengikuti perlombaan tersebut dengan menggendong putrinya, ketika sedang mengerjakan tulisannya anaknya mulai rewel akhirnya ia sibuk dengan anaknya.
Sedangkan untuk peserta yang lain, mulai fokus dengan tulisannya. Dengan hanya menggunakan satu lembar kertas dan bulpoin, para peserta segera mengerjakan tulisan masing-masing. Walau keadaan kurang mendukung, peserta lomba menulis tetap antusias menyelesaikan tulisan mereka.
Ketika peserta ditanyakan tentang alasan mereka mengikuti ada berbagai macam alasan, seperti yang dituturkan oleh Rezky Permata, menurutnya mengikuti perlombaan ini menjadikan dia tertantang. Lain dengan Dee, baginya mengikuti lomba tersebut bisa mengukur sejauh mana kemampuannya di bidang tulis menulis, walaupun ia sedikit minder karena banyak peserta yang ahli di bidangnya.
Berbagai macam perasaan juga dirasakan oleh tiap peserta lomba, terutama dengan batasan waktu yang sangat mepet.
“Jangankan ngedit mbak, cari tipe-x saja gak sempat. Bahkan aku sampe minta kertas lagi.”
Begitu pula penuturan ibu Anisa, salah satu peserta yang ketika mengikuti perlombaan tersebut dengan menggendong anaknya.
“Aku sibuk sama Asma, malah jadi gak fokus dengan tulisanku. Belum selesai menulis, ternyata waktu sudah habis.”
Sejam berlalu, para peserta menunggu pengumuman dengan perasaan berdebar-debar. Pengumuman pemenang mulai diumumkan setelah selesai bedah buku oleh Bunda Sinta (juri, red). Hanya mengumumkan 10 besar yang masuk nominasi jawara dan dilanjutkan pengumuman juara besoknya.
Pada hari Sabtu, 7 Maret 2012 di Skodam pengumuman jawarapun mulai diumumkan. 10 orang yang dinyatakan dalam 10 besar menunggu dengan perasaan was-was dan tentu sangat berdebar. Namun  pada akhirnya, 2 orang diantaranya dinyatakan sebagai juara harapan satu dan dua. Mereka adalah Adi Nugroho dan Rezky Permata. Adi Nugroho merebut juara harapan dua sedangkan Rezky juara harapan satu.
“Gak pernah menyangka bisa lolos. Padahal keadaan waktu itu tidak memungkinkan.” Ujar Adi
Begitu pula penuturan dari Rezky 
“Aku senang banget Mbak bisa jadi juara harapan.”
Setelah pengumuman pemenang, mereka berdua pulang dengan penuh kebahagiaan dan kebanggaan. Karena karya mereka nantinya akan dimuat di Koran harian pagi, Malang Post. Dengan membawa hadiah buku kumcer, kaos FLP dan piagam, mereka mulai menceritakan kabar gembira tersebut kepada keluarga dan teman-teman. Namun beda pendapat dengan peserta yang tidak lolos.
“Susah mbak temanya. Aku harus mikir!” ujarnya dengan penuh kecewa
Namun bagaimanapun, mereka tetap menganggap hal itu adalah even yang menyenangkan yang melatih mereka agar terus menulis dan mengembangkan bakat dan minat mereka di dalam kepenulisan. Setelah perlombaan tersebut, mereka semakin bertekat untuk tetap menulis.

Malang, 8 April 2012
08.00 wib

No comments :

Post a Comment

Efektif Membersihkan Wajah Dengan Dewpre Carrot Cica Water Calming Pad

Siapa di sini yang suka bepergian dengan dandanan cakep, pakai make up lengkap dan menggunakannya seharian? Namun, ketika pulang, males untu...